Selamat Datang di Website Resmi SMAN 1 SEKONGKANG
Jalan Lingkar Selatan Desa Sekongkang Bawah Kecamatan Sekongkang – KSB, Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat 84457 | 085238734352 | smansaskkg@gmail.com

Koramil 1628-02 Berikan Wasbang Bagi Para Siswa-Siswi SMAN 1 Sekongkang

Senin, 15 Juli 2019 15:15


Koramil 1628-02 Berikan Wasbang Bagi Para Siswa-Siswi SMAN 1 Sekongkang

Jajaran Koramil 1628-02 Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, memberikan pembekalan informasi tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi para siswa-siswi SMAN 1 kecamatan Sekongkang.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah tersebut di ikuti oleh Danramil Kapten CBA Agus. SH, dihadiri juga para guru dan staf sekolah dalam rangka memberikan pemahaman tentang konsensus empat dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, Senin (15/7) Pagi tadi.

Dalam pemberian pembekalan wawasan kebangsaan terhadap 156 siswa, Danramil Sekongkang, menjelaskan arti secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Ia berharap para murid akan mengerti dan tumbuh jiwa nasionalisme.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 1628-02 Sekongkang, menjelaskan tentang empat konsensus dasar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Sebagai WNI, apalagi adik-adik yang masih harus terus belajar, harus mengetahui dan memahami tentang empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan mengingat di era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi semakin maju dan dinamis, ketersediaan informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet sehingga apabila tidak ada filter yang baik maka akan merusak generasi penerus bangsa.

“Sejak dini wawasan kebangsaan dapat dibekali terhadap murid-murid disekolah. Pembekalan yang didapatkan berupa materi tentang sejarah, karakter, dan serta membantu dalam proses belajar mengajar para siswa,” ungkapnya.

Dengan demikian, sambung pria kelahiran Taliwang tersebut, dari sedini mungkin, adik-adik harus diberikan wawasan kebangsaan dengan harapan mengetahui dan memahami karakter bangsa dengan adat ketimurannya sebagai ciri khas yang memiliki budaya, adat istiadat dan keragaman lainnya sebagai suatu kekayaan dalam perbedaan.

“Wawasan kebangsaan ini akan memberikan berpengaruh positif dalam pembentukan karakter manusia indonesia kelak, mulai dari sekarang apa yang tidak baik segera dibuang, gunakan teknologi informasi secara positif terutama untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga kedepan adik-adik selaku generasi penerus bangsa memiliki kompetensi dan pola pikir yang mumpuni sesuai dengan bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMAN 1 Sekongkang Muh. Yasin. S.pd, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Koramil 1628 -02/ Sekongkang dan Kodim 1628/ SB atas program wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah khususnya kepada siswa didiknya. “Program ini sangat bagus untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada para siswa tentang empat pilar dasar kebangsaan dengan harapan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini akan membantu para siswa dalam pembentukan karakter yang baik sebagai generasi penerus bangsa,” ungkap Kepala Sekolah.

Terpisah, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letnan kolonel CZI Eddy Oswaronto. ST, disela-sela kesibukannya memberikan apresiasi kepada satuan jajarannya dalam upaya membangun generasi muda yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Mereka memang dari sedini mungkin diberikan wawasan kebangsaan, agar mereka mengetahui bahwa Indonesia ini memiliki kekayaan yang sangat luar biasa. Tidak hanya kekakayaan alam, namun juga kaya akan adat istiadat, budaya, suku, agama, ras maupun bahasa dan lainnya yang kesemuanya berbeda,” ujar Dandim.

Perbedaan-perbedaan tersebut, sambungnya, merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan lestarikan sebagai kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan semangat sumpah pemuda.

“Melalui pemberian wawasan kebangsaan ini, adik-adik siswa dapat membakar semangat untuk terus belajar dan belajar, memiliki jiwa patriotisme dan cinta tanah air serta siap sedia untuk menjadi terdepan dalam membela negara dari ancaman manapun bersama TNI,” demikian tutupnya.

 

Sumber: https://lensantb.com/2019/07/koramil-1628-02-berikan-wasbang-bagi-para-siswa-siswi-sman-1-sekongkang/

 
SMA Negeri 1 Sekongkang | Artikel

Artikel Terkait

PPDB

PPDB

Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 SEKONGKANG Tahun Pelajaran 2020/2021

Tambah Komentar

Komentar

Komentar tidak ditemukan